Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan

Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan Bermotor

Inilah Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan Bermotor Yang Bisa Kita Lakukukan Untuk Meminimalisir Akibat Yang di Timbulkan,-

Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan Bermotor: Dalam kecelakaan kendaraan bermotor, biasanya luka yang terjadi berganda, di mana beberapa bagian tubuh mengalami luka-luka. Salah sutu bagian tubuh yang biasa mendapat luka-luka dan dapat berakibat fatal adalah kepala. Kesalahan yang serius dilakukan para penolong ketika melakukan Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan Bermotor ialah tindakan yang terlalu terburu-buru. Sebaiknya, jangan memindahkan pasien sampai tiba pertolongan jika memang tidak ada api atau kendaraan lain yang membahayakan.

Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan Bermotor

Berikut beberapa tindakan utama yang harus Diperhatikan saat memberi Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan Bermotor:

Perhatikan Napasnya

  • Untuk merangsang pernapasan, seorang pasien yang sedang pingsan harus dibaringkan dalam posisi miring (kecuali tampak luka besar di punggung atau leher) dan mulutnya harus bersih dari tanah, batu, gigi palsu, supaya ia dapat bernapas lega melalui mulut.
  • Dengan menggunakan sehelai saputangan, jepitlah lidahnya dan tarik ke depan supaya lidah tidak menyumbat tenggorokan.
  • Apabila dadanya luka parah, periksalah apakah pada luka berlubamg sehingga udara dapat keluar masuk. Kalau ada, luka tersebut harus disumbat menggunakan
  • lipatan kain atau surat kabar. Ikatlah ke dadanya agar ia dapat bernapas melalui mulut tampa mengeluarkan udara dari luka.
  • Kalau korban masih belum dapat bernapas, mungkin perlu diberikan pemapasan buatan dari mulut ke mulut.

Perhatikan Jika Terjadi Pendarahan

Berhatihatilah ketika memberikan Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan Bermotor apabila terjadi pendarahan hebat, jangan dulu mengurusi luka-luka kecil. Lebih baik, atasi terlebih dahulu darah yang muncrat dari pembuluh nadi atau tergenang dalam luka besar. Biasanya darah dapat dihentikan dengan menekan sekitar luka atau membalut luka dengan kencang. Akan lebih baik jika pembalut tersebut berwarna putih. Sebagai usaha terakhir bagi pendarahan pada kaki dan tangan, ikatlah lengan atau kaki dengan pembalut, antara Iuka dengan jantung. Catatlah jam berapa pengikat itu dipasang untuk keperluan perawaran, dan biarlah ikatan itu tetap kelihatan.

Perhatikan saat Korban Kecelakaan Kendaraan Bermotor Muntah

Sebelum memberikan Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan Bermotor yang mesti perhatikan betul adalah pada saat pasien muntah, jagalah agar mulut dan hidung korban jangan sampai tersumbat oleh muntahan, sebab itu sangat berbahaya. Miringkan tubuh pasien atau, kalau dia tertelungkup, miringkan kepalanya agar muntahan mengalir dengan bebas.

Berikut Adalah Persiapan Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan Bermotor:

Persiapkan Membawa Korban Kecelakaan Kendaraan Bermotor ke Rumah Sakit

  • Berhatihatilah saat mengangkat pasien agar keadaannya tidak lebih parah. Apabila pasien yang mengalami patah leher atau tulang punggung diangkat dengan tidak hati-hati, dapat membuat saraf belakangnya mengalami kerusakan permanen.
  • Dibutuhkan 3-4 orang untuk mengangkat pasien. Semua penolong harus bekerja sama mengangkat pasien, sehingga tubuh pasien tidak terpurar atau terbungkuk. Kalau diduga keras pasien mengalami patah leher, salah seorang penolong harus ditugaskan untuk memegang kepala pasien agar tidak berubah posisi.
  • Apabila korban menderita luka bakar yang hebat, tutupilah bagian yang luka tersebut dengan kain tipis, misalnya saputangan, kemeja, atau taplak meja. Jangan sekali-kali menutup luka bakar dengan selimut secara langsung.
  • Sementara menunggu ambulans, tutupilah tubuh korban dengan satu atau dua lapis selimut, bisa juga dengan pakaian agar retap hangat.
  • Jika memungkinkan, atur agar orang yang mengantarkan pasien ke rumah sakit adalah seseorang yang dapat menerangkan jenis kecelakaan atau macam pertolongan yang sudah diberikan. Kalau tidak ada orang yang mengantarkan pasien, tuliskan keterangan tersebut di atas secarik kertas

Itulah Postingan Mengenai Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan Bermotor mudah-mudahan postingan ini bermanfaat. Aamiin

Pertolongan Pertama Ketika Terjadi Kecelakaan Kendaraan Bermotor

harga, pemesanan agaricpro

Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan