Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan

Pertolongan Ketika Terjadinya Luka Akibat Benda Asing Masuk Tubuh

Pertolongan Ketika Terjadinya Luka Akibat Benda Asing Masuk Tubuh,-

Sering kali, tampa sengaja, ada benda-benda yang masuk ke dalam tubuh kita, baik yang melalui mata, telinga, hidung, maupun mulut, sehingga menimbulkan gangguan. Untuk Pertolongan Ketika Terjadinya Luka Akibat Benda Asing Masuk Tubuh tersebut dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya.

pertolongan ketika terjadinya luka akibat benda asing masuk tubuh

1. Pertolongan Ketika Benda Keras yang Kering di Dalam Telinga

  1. Miringkan kepala agar telinga itu menghadap ke bawah. Kemudian, tarik daun telinga ke segala penjuru agar benda tersebut jatuh.
  2. Masukkan tangkai kuas atau ujung batang korek api ke dalam lem atau perekat lainnya yang mudah kering. Kemudian, setelah meluruskan rongga telinga clengan menarik daun telinga ke atas dan ke
  3. belakang, masukkan ujung batang tersebut sampai menyentuh benda itu. Tunggu sejenak sampai lem mengering dan dengan pelan-pelan tariklah benda tersebut keluar.
  4. Apabila usaha ini tidak berhasil, rnintalah nasihat dokter. Jangan coba memasukkan benda tajam ke dalam rongga telinga, agar selaput gendang tidak rusak.

2. Pertolongan Ketika Telinga Kemasukan Serangga

  1. Periksalah telinga pasien dengan sinar lampu senter dalam kamar gelap. Sinar itu akan mendorong serangga untuk meninggalkan rongga telinga.
  2. Miringkan kepala pasien supaya telinga yang satu itu lebih tinggi dari yang lain. Lalu, tuangkan glycerin, minyak zaitun, atau minyak goreng ke dalam telinga,dan biarkan selama beberapa menit. Tindakan ini akan membunuh serangga tersebut.
  3. Kemudian, pompakan air hangat ke dalam telinga dan menampung air itu di bawah telinga.
  4. Apabila serangga belum keluar, mintalah pertolongan dokter

3. Pertolongan Ketika Benda Asing di Dalam Mata

Apabila ada kemungkinan pecahan baja atau benda lain menerobosi bola mata, segera periksakan ke dokter. Apabila mata kemasukan debu atau abu, dan benda itu bercokol di antara mata dan kelopak mata, maka lakukan hal-hal seperti berikut:

  1. Biarkan pasien menutup matanya sejenak. Gangguan itu akan membuat air mata mengalir dari kedua belah mata. Biasanya, air mata itulah yang menghanyutkan benda itu.Jangan sekali-kali menggosok mata.
  2. Apabila benda tersébut masih bercokol, tariklah bulu kelopak mata bagian atas ke luar dan biarlah bulu mata yang di bawah yang rnenyapu benda tersebut.
  3. Apabila masih belum berhasil juga, isilah pipet dengan air biasa atau larutan garam yang steril. Dengan hati-hati, basuhlah rongga antara mata dengan kelopak mata, sambil menarik bulu mata. Cucilah satu per satu, dan biarkan cairan tersebut rnengalir di bawah.
  4. Inilah usaha terakhir sebelum melapor ke dokter. Si penolong mencuci bersih tangannya dengan air dan sabun. Setelah itu, balikkan kelopak mata satu persatu dan mencari benda itu. Untuk membalikkan kelopak mata bagian bawah, agak mudah. Namun, untuk rnembalikkan kelopak mata bagian atas, sebaiknya gunakan pensil atau batang korek api, karena lebih sulit. Setelah benda tersebut ditemukan, keluarkan dengan sudut saputangan.
  5. Apabila benda itu sudah terbenam dalam selaput bening (jaringan tembus pandang yang berada di depan mata), segeralah hubungi dokter.

4. Pertolongan Ketika Benda Asing dalam Lubang Hidung

Terkadang, anak-anak memasukkan biji kacang, jagung, atau benda-benda: lain ke dalam lubang hidung. Untuk mengatasi hal tersebut, segera minta sang anak untuk menengadah. Biasanya, dengan posisi ini, benda tersebut dapat terlihat. Kemudian, cungkil benda tersebut dengan kawat. Kalau tidak berhasil, bawalah ia ke dokter.

5. Pertolongan Ketika Benda Asing dalam Kulit

Biasanya, benda yang rnasuk dalam kulit berupa, logam, atau beling. Apabila benda tersebut kecil dan dekat di permukaan, maka dapat dikeluarkan. Namun, apabila benda tersebut masuk ke dalam jaringan atau menyusup ke bawah kuku, biarlah dokter-yang menangani. Sebab, mungkin Anda memerlukan obat antitetanus. Berikut Cara mengeluarkan benda yang masuk dalam kulit:

  1. Pertama-tama si penolong harus mencuci tangan dan luka pasien dengan air dan sabun.
  2. Peniti, gunting, dan tang yang akan digunakan disterilkan terlebih dahulu dalam nyala api kecil.
  3. Gunakan jarum peniti untuk membesarkan lubang luka di kulit. Apabila sudah tampak ujung benda tersebut, tariklah dengan penjepit.
  4. Sekali lagi, cucilah daerah yang terluka tersebut dengan air bersih, kemudian dibalut.

6. Pertolongan Ketika Benda Masuk (Tertelan) Dalam Perut

Dalam hal ini, kebanyakan yang menjadi korban adalah anak-anak kecil. Tampa sengaja, mereka sering menelan mata uang, kelereng, kunci, jepit rambut, atau kancing peniti. Untuk benda-benda yang tidak tajam, biasanya akan meluncur di sepanjang alat pencernaan dalam beberapa jam atau hari. Namun, untuk peniti yang terbuka dan jepitan rambut, akan tersangkut dalam perut dan melukai dinding usus, sehingga mengakibatkan hal yang serius. Dalam hal ini, segera dibawa ke rumah

sakit agar segera ditangani oleh dokter. Biasanya, dokter akan menggunakan sinar-X untuk memastikan letak benda. Pembedahan juga mungkin dilakukan untuk mengeluarkan benda tersebut.

7. Pertolongan Ketika Benda Asing dalam Tenggorokan

Apabila seorang anak memasukkan benda kecil ke dalam mulutnya dan benda itu meluncur tak terkendalikan, salah satu dari tiga perkara ini akan terjadi, yaitu tersangkut clalam tenggorokan, masuk ke dalam pipa udara menuju jantung, atau tertelan dan masuk ke dalam perut. Di sini, kita hanya membahas untuk kemungkinan pertama. Apabila benda tersebut tersangkut dalam tenggorokan berikut tindakan yang harus dilakukan:

  1. Apabila anak masih dapat bernapas, bantulah ia untuk tenang dengan posisi setengah bersandar saat diangkut ke rumah sakit.
  2. Apabila benda tersebut menyumbat penapasan, angkatlah kakinya ke atas dengan kepala di bawah, kemudian tepuklah punggungnya. Dengan Cara ini, diharapkan anak akan batuk, dengan sisa udara yang ada dalaum paru-paru, sehingga benda dapat dikeluarkan.
  3. Apabila tindakan tersebut belum berhasil, apalagi muka si anak sudah membiru, segera bawa ia ke dokter terdekat atau rumah sakit untuk pengobatan darurat.

Itulah pembahasan mengenai Pertolongan Ketika Terjadinya Luka Akibat Benda Asing Masuk Tubuh mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Pertolongan Ketika Terjadinya Luka Akibat Benda Asing Masuk Tubuh

harga, pemesanan agaricpro

Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan