Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan

Cara Membalut Luka Yang Baik Dan Benar Ketika Terjadinya Kecelakaan

Cara Membalut Luka Yang Baik Dan Benar Ketika Terjadinya Kecelakaan

Aturan Membalut

  1. Pembalut harus dirapikan, tetapi jangan terlalu kenrang agar tidak menghalangi peredaran darah pasien. Dalam hal ini, sulit untuk menentukan seberapa kencang pembalut tersebut. Pada saat membalut, mungkin diburuhkan 2-3 kali pembalutan, baru pasien merasa nyaman.
  2. Apabila membalut kaki, lengan, dan jari-jari, periksalah berulang-ulang apakah jaringan cli seberang pembalut temp hangar dan warnanya tidak berubah.
  3. Dianjurkan agar potongan-potongan pira perekat yang digunakan untuk menahan pembalut ditempelkan separuh pada kulit dan separuh pada pembalut. Ujung pembalut dapat diikatkan dengan pita perekat atau merobek ujungnya dan membuatnya tali pengikat dengan menyilangkan kedua ujungnya.

cara membalut luka yang baik dan benar ketika terjadinya kecelakaan, aturan membalut, jenis pembalut, pembalut bergulung, pembalut segitiga, pembalut segitiga cravat, pembalut segitiga cravat, potongan kain kasa atau gulungan pembalut, belat

Jenis-jenis Pembalut

1. Pembalut Bergulung

Pembalut ini terbuat dari kain kasa atau kain pembalut khusus yang dapat melorot apabila ditarik untuk menyesuaikan bentuk tubuh yang sedang dibalut. Apabila luka sudah disterilkan sebelum dibungkus, maka pembalur bergulung dapat langsung digunakan untuk membalut luka tersebut. Pembalut ini mempunyai ukuran yang berbeda-beda (lebar 2-10 cm). Pembalut yang berukuran sempit digunakan unruk membalut jari- jari dan ibu jari kaki, Pembalut bergulung ini dapat dikencangkan dengan menggunakan pita perekat.

2. Pembalut Segitiga

Pembalut segitiga termasuk pembalut serbaguna. Biasanya, pembalut ini terbuat dari kain tipis, yang besarnya berbeda-beda sesuai dengan kegunaannya.

3. Pembalut Segitiga Cravat

Pembalut ini terbuat dari kain berbentuk segitiga. Pembalut ini dapat digunakan untuk membalut kepala, leher, mara, dan telinga. Selain itu, juga dapat digunakan untuk membalut lengan, kaki, pergelangan, tulang rusuk yang patah, atau pengikat Iuka parah. Pada proses pembalutan dengan alat ini, pengikat hanya digunakan apabila terjadi pendarahan hebar. Selam keyadian pendarahan, pengikat sangat ridak dianjurkan untuk digunakan, karena membuat bagian tubuh yang di seberang ikatan tidak mendapat aliran darah.

4. Potongan Kain Kasa atau Gulungan Pembalut

Potongan-potongan kain kasa yang steril dapat dibeli di toko obat atau apotek dalam kemasan kecil, sehingga dapat disimpan dalam kotak P3K. Biasanya, potongan kain kasa ini diletakkan di atas luka dan dilekatkan dengan pita perekat atau pembalut. Pembalut jenis ini digunakan untuk luka lecet, terkoyak, atau luka parah. Apabila Anda membalut luka di telapak tangan, sebaiknya bebaskanlah jari-jari dari pembalut.

5. Belat

Belat digunakan untuk mengatasi pendarahan atau menghalangi peredaran racun setelah tergigit ular. Belat adalah tali yang terbuat dari kain atau kulit, yang kemudian dililitkan pada kaki atau tangan yang terluka. Sebenarnya, belar ini berbahaya, karena apabila pilihan terlalu kencang, selain mencegah pendarahan pada daerah luka, juga menghentikan aliran darah ke seberang luka, sehhingga sering menyebabkan kerusakan permanen. Oleh karena itu, perlu pertimbangan yang cukup matang untuk memutuskan menggunakan belat ini. Apabila pendarahan di lengan atau kaki begitu parah sehingga mengzmcam nyawa pasien jika tidak dibelat, maka belat harus dipasang dan diikat kencang sampai darah berhenti mengalir. Dengan perrirnbangan, pasien lebih baik kehilangan anggota tubuh daripada harus kehilangan nyawanya. Namun, apabila pendarahan tidak begitu parah atau hanya untuk mencegah penyebaran racun ular, sebaiknya gunakan pembalut biasa saja, bukan belat. Pembalut tersebut jangan diikat terlalu keras, ada sela satu jari di bawah pembalut setelah diikatkan.

Itulah Cara Membalut Luka Yang Baik Dan Benar Ketika Terjadinya Kecelakaan, mudah-mudahan postingan ini bermanfaat. Aamiin

Cara Membalut Luka Yang Baik Dan Benar Ketika Terjadinya Kecelakaan

harga, pemesanan agaricpro

Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan