Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan

Cara Melakukan Pernapasan Buatan Secara Baik dan Benar

Cara Melakukan Pernapasan Buatan Secara Baik dan Benar

Apabila karena sesuatu hal seseorang tidak dapat bernapas lagi, maka sel-sel tubuhnya menjadi kekurangan zat asam. Apabila dalam 5 menit orang tersebut tidak mendapat zat asam, maka sel-sel otaknya mengalami kerusakan total. Hal ini sama keadaannya jika paru-paru atau jantung tidak bergerak untuk sementara. Dalam keadaan seperti ini, nyawa pasien dapat diselamatkan hanya dengan Cara memberi napas buatan, sehingga paru-paru dapat bergerak kembali. Atau, bisa juga dengan merangsang jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sampai keduanya mengalami proses yang normal. Saat terjadi kecelakaan yang menyebabkan ketidaksadaran, hal pertama yang harus diperhatikan adalah apakah dada pasien masih kembang kempis karena bernapas atau tidak. Kalau tidak, segera berikan napas buatan. Berikut beberapa Cara Melakukan Pernapasan Buatan Secara Baik dan Benar yang dapat dilakukan:

Cara Melakukan Pernapasan Buatan Secara Baik dan Benar

1. Cara Melakukan Pernapasan Buatan dari Mulut ke Mulut

  1. Apabila pasien berada dalam ruangan yang penuh asap dan gas, segera pindahkanlah ke tempat udara segar.
  2. Baringkan pasien dalam posisi telentang di atas tanah, lantai, atau tempat tidur.
  3. Keluarkan benda-benda asing dari dalam mulutnya dengan menggunakan jari atau saputangan. Lakukan langkah ini paling lama sepuluh detik.
  4. Selipkan sebelah tangan Anda di bawah leher pasien dan angkat setinggi-tingginya agar leher bagian depan terentang dan dagu menunjuk ke atas.
  5. Tempelkan mulut Anda di atas mulut pasien, lalu hembuskan udara ke dalam paru-paru sampai dadanya mengembang. Turuplah lubang hidung pasien dengan pipi atau jari Anda. Apabila pasien adalah anak kecil, Anda dapat meniupkan napas melalui mulut dan hidungnya sekaligus. Jangan lupa bahwa paru-parunya tidak dapat menampung udara sebanyak yang ditampung paru-paru orang dewasa. Jadi, berhati-hatilah, jangam terlalu banyak meniupkan udara hingga paru-parunya menjadi penuh.
  6. Angkatlah muka Anda dan dengarkan udara yang sedang keluar. Sekalipun pasien tidak sadar, dia tetap Akan mengeluarkan napas, Jikalau tidak ada udara yang keluar, berarti Anda belum berhasil memasukkan udara ke dalam paru-parunya. Bila demikian halnya, tariklah dagu pasien ke atas (supaya deretan gigi pada rahang bawah lebih tinggi daripada yang di atas) dan cobalah menghembuskan udara ke dalam paru-parunya sekali lagi. Perhatikan bahwa dagu menunjuk ke atas.
  7. Apabila Anda masih belum dapat memasukkan udara ke dalam paru-paru pasien, miringkan tubuhnya dan tamparlah punggungnya beberapa kali dengan harapan benda apa saja yang menyumbat tenggorokannya dapat keluar. Bagi anak kecil, peganglah kakinya dan angkat dengan posisi kepala ke bawah. Tamparlah punggungnya dengan keras, kemudian bersihkan mulutnya apabila ada sesuatu yang menyumbat.
  8. Setelah Anda berhasil memasukkan udara ke dalam paru-parunya, ulangi pemberian napas buatan ini setiap lima detik (dua belas kali dalam saru menit) dengan mengangkat muka Anda setiap kali dia menghembuskan napas itu.
  9. Saat Anda memberikan napas buatan, mintalah seseorang untuk segera memanggil ambulans, dokter, atau siapapun dark regu penyelamat. Sementara, orang yang lain diminta untuk mencari selimut atau jaket agar tubuh pasien retap hangat.
  10. Teruskan memberikan napas buatan dan mulut ke mulut sampai pasien dapat bernapas sendiri, atau palmg sedikit dua jam sebelum dokter memastikan bahwa dia sudah tiada.

Cara Melakukan Pernapasan Buatan Secara Baik dan Benar

2. Cara Melakukan Pernapasan Buatan Dengan Metode Sylvester yang Sederhana

Apabila napas buatan dengan mulut ke mulut tidak mungkin dilakukan, maka metode ini dapat digunakan, walaupun kecil kemungkinannya untuk berhasil.

  1. Baringkan pasien dalam posisi telentang dengan bahu di atas bantal agar lebih tinggi sedikit.
  2. Dorong kepalanya ke belakang supaya leher telentang dan dagu menunjuk ke atas. Hal ini sebagai usaha untuk membuka pipa udara
  3. Dengan cepat bersihkan mulut pasien apabila ada benda di dalamnya, dengan menggunakan jari.
  4. Ambil tempat di baglan kepala pasien dengan sebelah kaki berlutut.
  5. Peganglah tangan pasien di atas pergelangan. Setelah menyilangkannya di atas dada bagian bawah, tekanlah dada ke bawah untuk mengeluarkan udara dan paru-parunya.
  6. Kemudian, luruskan sikunya dan tariklah tangannya ke atas kepala. Tangan pasien harus tetap lurus saat Anda menariknya ke atas sejauh-yauhnya. Hal ini akan mengembangkan rongga dadanya, sehingga udara masuk ke dalam paru-paru.
  7. Dengan perlahan, ulangi untuk menyilangkan tangannya di atas dada seperti langkah e
  8. Langkah-langkah ini dlulangi dengan teratur setiap 5 detik (dua belas kali dalam satu menit).
  9. Sementara Anda memberi pertolongan pada pasiien, mintalah seseorang untuk memanggil ambulans atau dokter dan seorang lagi untuk menyelimuti tubuh pasien bagian bawah.
  10. Teruskan dalam memberikan napas buatan dengan metode ini sampal pasien dapat bernapas sendiri, sampai lewat dua jam, atau sampai dokter menyatakan kematiannya.
  11. Setelah pasien dapat bemapas sendiri, jangan biarkan dia duduk sebelum setengah jam berlalu, karena dia akan jatuh lemas apabila bergerak terlalu cepat

Itulah Cara Melakukan Pernapasan Buatan Secara Baik dan Benar, mudah-mudahan postingan ini bermanfaat. Aamiin

Cara Melakukan Pernapasan Buatan Secara Baik dan Benar

harga, pemesanan agaricpro

Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan