Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan

Arti Sakit Dan Cara Menghadapinya Dengan Kesabaran Dan Keikhlasan

“Arti Sakit Dan Cara Menghadapinya Dengan Kesabaran Dan Keikhlasan”

arti sakit dan cara menghadapinya dengan kesabaran dan keikhlasan

Kesehatan adalah nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang banyak dilupakan. Padahal mempunyai tubuh yang sehat merupakan adalah dambaan dari setiap insan manusia, ketika kita diberikan ujian khususnya pada kesehatannya (sakit) barulah kita akan merasa bahwasannya kesehatan itu sangatlah penting dan mahal. Tetapi hal lain yang harus selalu kita ingat, bahwa dunia adalah negeri ujian. Semua manusia, terlebih mukminnya, pasti akan Allah Subhanahu wa ta’ala berikan berbagai bentuk ujian yang telah Dia Subhanahu wa ta’ala siapkan. Namun, Allah Maha Bijaksana lagi Kasih Sayang terhadap hamba-Nya. mari kita renungi mengenai Arti Sakit Dan Cara Menghadapinya Dengan Kesabaran Dan Keikhlasan dalam postingan ini.

“Allah tidak akan membebani seorang anak manusia di luar batas kemampuannya.” [Q.S. Al Baqarah: 286].

Segala hal yang Allah Subhanahu wa ta’ala bebankan kepada anak manusia, pastilah dibangun diatas ilmu Allah, Dzat Yang Maha mengetahui bahwa hamba tersebut mampu menyelesaikannya.

“Di antara rahmat Allah Subhanahu wa ta’ala bahwa bagaimanapun beratnya suatu penyakit, namun Allah hendak memberikan bagi seorang hamba, pasti akan diberi kemudahan mendapat obat yang mujarab dan penyembuhan yang efektif.”

“Arti Sakit Dan Cara Menghadapinya Dengan Kesabaran Dan Keikhlasan”

Arti ujian dan cobaan (sakit):

1. Ujian dan cobaan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (Al-Mulk: 2)

“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (Al-Anbiya`: 35)

Ujian dan cobaan akan datang silih berganti hingga datangnya kematian.

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu?” (Al-Baqarah: 214)

Ibnu Katsir rahimahullahu berkata: “(Ujian yang akan datang adalah) berbagai penyakit, sakit, musibah, dan cobaan-cobaan lainnya.”

Bila demikian, maka sikap seorang muslim tatkala menghadapi berbagai ujian dan cobaan adalah senantiasa berusaha sabar, ikhlas, mengharapkan pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, terus-menerus memohon pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga tidak marah dan murka terhadap taqdir yang menimpa dirinya, tidak pula putus asa dari rahmat-Nya.

2. Penghapus dosa.

Arti Sakit Dan Cara Menghadapinya Dengan Kesabaran Dan Keikhlasan,- Seandainya setiap dosa dan kesalahan yang kita lakukan mesti dibalas tanpa ada maghfirah (ampunan)-Nya ataupun penghapus dosa yang lain, maka siapakah di antara kita yang selamat dari kemurkaan Allah Subhanahu wa Ta’ala? Sehingga, termasuk hikmah dan keadilan Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa Dia menjadikan berbagai ujian dan cobaan itu sebagai penghapus dosa-dosa kita.

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (Hud: 114)

3. Kesehatan adalah nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang banyak dilupakan.

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Dua kenikmatan yang kebanyakan orang terlupa darinya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari)

Betapa banyak orang yang menyadari keberadaan nikmat kesehatan ini, setelah dia jatuh sakit. Sehingga musibah sakit ini menjadi peringatan yang berharga baginya. Setelah itu dia banyak bersyukur atas nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala tersebut. Itulah golongan yang beruntung.

Arti Sakit Dan Cara Menghadapinya Dengan Kesabaran Dan Keikhlasan

Adab-adab Syar’i ketika Sakit

Arti Sakit Dan Cara Menghadapinya Dengan Kesabaran Dan Keikhlasan,- Di antara bukti kesempurnaan Islam, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menuntunkan adab-adab yang baik ketika seorang hamba tertimpa sakit. Sehingga, dalam keadaan sakit sekalipun, seorang muslim masih bisa mewujudkan penghambaan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di antara adab tersebut adalah:

Menghadapi Penyakit Dengan Penuh Kesabaran Dan Keikhlasan atas ketentuan Allah Subhanahu wa Ta’ala, serta berbaik sangka kepada-Nya.

Dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sungguh menakjubkan urusan orang yang beriman. Sesungguhnya semua urusannya baik baginya, dan sikap ini tidak dimiliki kecuali oleh orang yang mukmin. Apabila kelapangan hidup dia dapatkan, dia bersyukur, maka hal itu kebaikan baginya. Apabila kesempitan hidup menimpanya, dia bersabar, maka hal itu juga baik baginya.” (HR. Muslim)

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Janganlah salah seorang di antara kalian itu mati, kecuali dalam keadaan dia berbaik sangka kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Muslim)

Berobat dengan cara-cara yang sunnah atau mubah dan tidak bertentangan dengan syariat.
Diriwayatkan dari Abud Darda` radhiyallahu ‘anhu secara marfu’:

“Dan apabila aku sakit, maka Dia (Allah) akan memberikan kesembuhan…” (Asy-Syu’ara: 80)

“Sesungguhnya Allah menciptakan penyakit dan obatnya. Maka berobatlah kalian, dan jangan berobat dengan sesuatu yang haram.” (HR. Ad-Daulabi. Asy-Syaikh Al-Albani menyatakan sanad hadits ini hasan. Lihat Ash-Shahihah no. 1633)

Juga diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah Allah menurunkan satu penyakit pun melainkan Allah turunkan pula obat baginya. Telah mengetahui orang-orang yang tahu, dan orang yang tidak tahu tidak akan mengetahuinya.” (HR. Al-Bukhari. Diriwayatkan juga oleh Al-Imam Muslim dari Jabir radhiyallahu ‘anhu)

“ Semua penyakit ada obatnya. Jika sesuai antara penyakit dan obatnya, maka akan sembuh dengan izin Allah ” ( HR Muslim 2204 )

Wallahu a’lam bish-shawab

Itulah artikel “Arti Sakit Dan Cara Menghadapinya Dengan Kesabaran Dan Keikhlasan” semoga dapat bermanfaat bagi kita semua…..

Semoga Pengobatan dengan Herbal AgaricPro Ataupun Herbal lain selain AgaricPro yang Bapak/Ibu/Sdra/i konsumsi Menjadikan wasilah / perantara Untuk Kesembuhan Penyakit yang sedang Bapak/Ibu/Sdra/i derita hari ini, dan Menjadikan Jalan Silaturahim untuk kita dan Menjadi Jalinan Tali Silaturahim yang Kuat sesama Umat Manusia untuk Saling berbagi informasi khususnya mengenai Penyakit dan Obat-nya.

Semoga Penyakit yang Selama ini Bapak/ibu/sdra/i derita mendapatkan kesembuhan dari Allah dan Menjadikan Ladang Amal Ketika kita tetap bersabar dan berusaha dalam menghadapinya. Aamiin ya rabbal ‘alamin

Arti Sakit Dan Cara Menghadapinya Dengan Kesabaran Dan Keikhlasan

harga, pemesanan agaricpro

Mau dikirim barang terlebih dahulu? Silahkan Klik di Syarat & ketentuan